Bekuk MU, Barca Raih Trofi Liga Champions

Barcelona akhirnya keluar sebagai juara liga Champions musim 2010/2011. Dalam kunjungannya ke stadion Wembley, Minggu (29/05/2011) dini hari WIB, Xavi Hernandez cs sukses melibas Manchester United dengan skor 3-1.

Blaugrana sempat unggul lebih dahulu ketika Pedro Rodriguez mampu memecahkan kebuntuan. Namun keunggulan Barca langsung disamakan oleh Wayne Rooney. Di babak kedua Barca akhirnya memastikan kemenangannya usai Lionel Messi dan David Villa masing-masing mencetak satu gol ke gawang Edwin Van Der Sar.

Dengan hasil ini Barca berhasil merengkuh trofi liga Champions untuk yang ke-empat kalinya, menyamai rekor dari Bayern Munchen dan Ajax Amsterdam.

Menit-menit awal laga dimulai, MU coba bermain menekan. Namun peluang pertama justru hadir dari skuad besutan Pep Guardiola. Menit 15 Xavi mengirim umpan menyilang ke jantung pertahanan MU. Bola coba ditendang oleh Pedro. Sayang bola masih melenceng ke sisi gawang.

Selang lima menit giliran Villa yang mengancam gawang Van Der Sar. Sepakan ex-striker Valencia ini masih mampu ditangkap oleh Van Der Sar.

Memasuki menit 26 Pedro mampu memecah kebuntuan. Kehebatan Xavi menerobos lini bertahan lawan diteruskan dengan sebuah umpan terukur ke kaki Pedro. Dengan satu tembakan Pedro berhasil menceploskan bola ke dalam gawang. 1-0 Barca unggul.

Sayangnya keunggulan Barca hanya berlangsung selama tujuh menit. Kerjasama apik Rooney dan Giggs diakhiri dgn sepakan keras oleh Rooney dan gagal dihadang oleh Victor Valdez.

Di menit 38 Iniesta hampir kembali memberikan keunggulan untuk Barca. Tetapi kesigapan Van Der Sar menggagalkan sepakannya. Babak pertama harus ditutup dengan skor 1-1.

Memasuki babak kedua, Barca tetap tampil dominan. Hasilnya terlihat di menit 53. Berawal dr umpan Iniesta, Sepakan Keras Messi tidak bisa ditahan Van de Sar.

Unggul 2-1 membuat Barca semakin di atas angin. Dan menit ke-69 Villa sukses melengkapi kemenanangan El Barca. Sepakan terukurnya dari luar kotak kotak gagal dijamah Van de Sar dan memaksanya untuk memungut bola dari gawang sebanyak tiga kali.

Hingga wasit Victor Kassai meniup pluit tanda laga usai, Barca berhasil mengamankan kemenangan 3-1 sekaligus membawa trofi liga Champions ke Spanyol.(Rizki)(Foto:Zimbio)

Susunan Pemain

Barcelona: Valdes; Abidal, Mascherano, Pique, Alves (Puyol 88); Busquets, Xavi, Iniesta; Pedro (Afellay 90), Villa (Keita 86), Messi.

Manchester United: Van der Sar; Fabio (Nani 69), Ferdinand, Vidic, Evra; Valencia, Carrick (Scholes 77), Giggs, Park; Rooney, Hernandez.

Previous
Next Post »