Menanti Jawara Baru Asia Tenggara

Indonesia dan Malaysia malam ini akan memulai pertempuran untuk mentasbihkan diri sebagai calon jawara baru di Asia Tenggara dalam final Piala AFF 2010.

Dalam leg pertama laga final Piala AFF 2010, Malaysia ditunjuk lebih dulu sebagai tuan rumah dan Stadion Nasional Bukit Jalil akan jadi saksi bisu perjalanan kedua tim untuk meraih supremasi tertinggi sepak bola di Asia Tenggara. Barulah tiga hari kemudian, tepatnya pada tanggal 29 Desember ganti Indonesia menjamu Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno.

Indonesia dan Malaysia bukanlah muka baru untuk menjalani laga final Piala AFF. Timnas Garuda telah tiga kali masuk kebabak final yaitu tahun 2000, 2002 dan 2004, namun dari tiga penampilan dilaga puncak, Tim Garuda harus puas meraih gelar runner up.

Sedangkan bagi tim asuhan Rajagopal, laga final kali ini merupakan edisi kedua usai pada perhelatan Piala Tiger pertama (sekarang Piala AFF) tahun 1996 juga mampu melangkah ke final. Namun sayang kala itu Harimau Malaya harus mengakui kehebatan Thailand yang akhirnya keluar sebagai juara perdana Piala Tiger.

Kini 14 tahun sudah kedua tim menanti gelar juara tersebut dan calon jawara baru Piala AFF pun sudah tampak di depan mata. Namun siapakah yang akan keluar sebagai juara masih belum dapat ditentukan hingga dua laga dilangsungkan di masing-masing kandang.

Hanya saja untuk Piala AFF 2010 kali ini, Indonesia memiliki catatan manis dan boleh saja menunjukan rasa optimisme tinggi demi meraih gelar juara. Pasalnya kedua tim pernah bertemu dibabak penyisihan Grup A di Stadion Bung Karno dan hasilnya Laskar Merah Putih mampu mengganyang Malaysia di Ibu Kota dengan skor telak 5-1.

Hasil tersebut memang tak layak untuk menjadi tolak ukur apakah tim asuhan Alfred Riedl akan meraih hasil yang sama dilaga final nanti. Hal itu dikarenakan permainan Malaysia sudah sangat berkembang hingga babak semifinal lalu dengan menyingkirkan juara bertahan Vietnam dan akhirnya meraih satu tiket ke babak final untuk bertemu Indonesia.

Dari catatan pertemuan di Piala AFF, Indonesia telah bertemu Malaysia sebanyak enam kali dan hasilnya Timnas Garuda unggul agregat 4-2 dari negeri tetangga.

Catatan diatas boleh saja digunakan untuk sebuah prediksi tim manakah yang akan keluar sebagai jawara baru di Piala AFF. Hanya saja realitanya siapakah yang akan jadi juara, kedua tim baru akan memainkan laga final nanti malam di Stadion Bukit Jalil dan laga kedua tiga hari kemudian di Stadion Bung Karno.

Perkiraan susunan pemain:

Malaysia: Fahmi, Fadhli, Jasuli, Muslim, Asraruddin, Amiruljadi, Rahim, Kunanlan, Rohidan, Safee, Idlan

Indonesia: Markus, Nasuha, Zulkifli, Hamka, Maman, Okto, Bustomi, Firman, Ridwan, Gonzales, Irfan.
Previous
Next Post »